Mempercepat Pencarian Pada SLiMS, Tips Trick

Bagikan :

OPAC SLiMS sangat cepat dalam mencari detil bibliografi pada database, Namun pada saat tertentu - data bibliografi banyak - kecepatan akan menurun jika hardware yang anda gunakan "berkekuatan" rendah. Nah ada berbagai trick yang pernah dibocorkan oleh Pak +Hendro Wicaksono  pada grup +Senayan SLiMS  di grup Facebook : https://www.facebook.com/groups/senayan.slims


Hendro Wicaksono : Tips meningkatkan performance slims ketika data sdh banyak:
1) Solusi murah: ganti tipe indeks dr default ke index. Mainkan di sysconfig.inc.php 

2) Solusi murah kedua lebih mangstab tp agak advanced: ganti tipe indeks ke sphinx. Tapi kudu [kudu:harus]  install third party software sphinx search. Kinerja sangat mantab. Terabyte data is okay.

SPINX dimana apa , ini http://sphinxsearch.com/ 

Sphinx adalah mesin pencarian teks lengkap, didistribusikan secara terbuka di bawah GPL versi 2. Lisensi komersial (misalnya untuk digunakan tertanam) tersedia atas permintaan.

Secara teknis, Sphinx adalah paket perangkat lunak mandiri menyediakan cepat dan relevan fungsi pencarian teks lengkap untuk aplikasi client. Hal ini khusus dirancang untuk mengintegrasikan dengan baik dengan database SQL menyimpan data, dan untuk dapat dengan mudah diakses oleh bahasa scripting. Namun, Sphinx tidak tergantung pada atau memerlukan database tertentu untuk berfungsi.

 





3)  Langkah berikutnya kalau perpustakaan  ada uang : ganti komputer dengan  spesifikasi server beneran, bukan pc desktop yg dijadikan server. !

lho ... Emang bedanya banyak? Banyak banget. Berasa dah kalo data udh segambreng. dari kekuatan PC desktop saja sudah beda banget kan 


Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server ini didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. ( Wikipedia diakses pada 26 Februari 2014 , 11;10 PM , http://id.wikipedia.org/wiki/Server )
PC Server :D 


 Sekian dulu tulisan kami , sampai jumpa lagi ya :D
Ada komentar post komentar kamu ... 

Sumber gambar :
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d4/Wikimedia-servers-Sept04.jpg 
 



Mohon Share :



Jasa web Desain Kudus

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar , kritik , & saran